Informasi Kesehatan / Pengobatan Herbal

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami

Terdapat berbagai kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebab kondisi telinga terasa sakit atau terasa tidak nyaman, salah satunya adalah infeksi pada telinga. Dalam artikel kali ini akan dibahas informasi mengenai Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami yang mana mengobati secara alami serta efektif dan aman.

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami

Penyebab Telinga Terasa Sakit
Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebab dari telinga yang terasa sakit :

Infeksi telinga
Infeksi telinga adalah infeksi pada telinga bagian tengah yang disebabkan serangan bakteri atau virus. Bagian yang terinfeksi adalah ruangan di belakang gendang telinga tempat ketiga tulang pendengaran berada. Infeksi telinga, atau otitis media, biasanya sangat menyakitkan. Hal ini karena adanya peradangan dan penumpukan cairan di telinga tengah. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejala yang biasanya dirasakan oleh orang yang mengalami kondisi ini.

Tinnitus
Tinnitus adalah bunyi atau dengungan pada telinga. Kondisi ini bukanlah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Contohnya cedera telinga, masalah pada sistem sirkulasi tubuh, atau kehilangan pendengaran yang muncul seiring bertambahnya usia.

Tinnitus merupakan kondisi yang bisa dialami semua orang dari segala usia. Tetapi kondisi ini umumnya dialami oleh lansia yang berusia di atas 65 tahun.

Meniere
Penyakit Meniere merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam di mana Anda akan mengalami vertigo (sensasi gerakan berputar) disertai dengan hilangnya kemampuan mendengar, telinga berdengung (tinnitus), dan terkadang terasa ada tekanan dalam telinga Anda. Penyakit ini termasuk dalam penyakit kronis dan biasanya hanya akan mempengaruhi satu telinga. Semua orang dapat mengalami hal ini, namun orang yang berusia 40 tahun ke atas lebih rentan untuk mengalaminya.

Barotrauma telinga
Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga.

Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi sakit telinga yang sedang anda rasakan tersebut.

Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami
Terdapat berbagai bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengobati, menyembuhkan dan mengatasi sakit telinga. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat anda coba untuk mengobati sakit telinga yang sedang diderita :

Peppermint
Daun peppermint segar bisa meredakan sakit telinga. Giling atau tumbuk beberapa lembar daun peppermint, kemudian ambil beberapa tetesnya dan masukkan ke dalam daun telinga. Jika Anda menggunakan minyak peppermint, maka gunakan sebagai pengobatan eksternal saja. Gunakan kapas bersih.

Jahe
Jahe adalah obat penghilang rasa sakit alami yang memiliki sifat anti-inflamasi fantastis untuk membantu mengobati infeksi telinga. Ada dua cara menggunakan jahe.

Pertama, Anda bisa menggunakan air perasan jahe dan mengoleskannya langsung ke telinga. Kedua, Anda bisa membuat campuran jahe dan minyak zaitun dan mengoleskannya ke telinga. Biarkan meresap dalam beberapa menit.

Kedua cara di atas membantu mengurangi peradangan dan nyeri telinga. Anda pun bisa tidur pulas sampai pagi dan bisa bertemu dengan dokter keesokan harinya.

Daun kemangi
daun kemangi, mengandung beta-karoten, vitamin C, eugenol, borneol, yang memiliki antibakteri yang menakjubkan dan sifat antiseptik yang bermanfaat dalam pengobatan sakit telinga. Berikan 2 tetes ekstrak jus dari daun kemangi dalam telinga untuk mengobati rasa sakit.

Bawang merah
Kandungan sifat anti bakteri dalam bawang merah sangat berguna untuk melawan bakteri penyebab sakit telinga. Cara membuat obat sakit telinga dengan menggunakan bawang merah sangatlah mudah, yaitu ambil beberapa buah bawang merah kemudian tumbuk hingga halus lalu campurkan dengan sedikit air. Jika sakit telinga yang dirasakan akibat pembengkakan, Anda bisa mengoleskan tumbukan tersebut pada area luar telinga. Hal ini sangat bermanfaat untuk menguarangi rasa sakit yang diderita.

Bawang Putih
Di dalam bawang putih, terkandung zat-zat penting yang bisa dipakai untuk menyembuhkan atau membersihkan telinga. Karena bawang putih mengandung zat asam fosfor yang bisa membunuh apapun yang menyebabkan masalah kesehatan telinga.

Cara pengobatan:

  • Kupas bawang putih kemudian cuci hingga bersih
  • Potong 1 siung bawang menjadi 2 bagian atau berbentuk seperti penyumbat telinga (ear plug)
  • Setelah itu masukkan potongan bawang ke dalam telinga Anda seperti sedang menggunakan penyumbat telinga

Pada awalnya anda akan merasakan sensasi panas pada telinga, tetapi lama-kelamaan akan mereda. Letakkan bawang putih selama 30-35 menit, bahkan Anda dapat menggunakannya sepanjang malam.

Beberapa bahan alami tersebut mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi sakit telinga yang sedang anda alami tersebut.

Mengingat pentingnya peran telinga dalam kehidupan sehari-hari, maka sudah selayaknya organ ini dirawat dengan baik. Adapun cara-cara melindungi telinga, misalnya dengan mengenakan penutup telinga saat berada di area yang sangat bising. Pastikan juga volume musik atau radio Anda berada dalam posisi rendah atau menengah saat mengenakan earphone atau saat berada di ruang tertutup, seperti di dalam mobil.

Sedapat mungkin, hindari juga membersihkan telinga dengan cotton bud karena berisiko menyebabkan luka atau kotoran telinga makin terdorong ke dalam.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya dan dapat membantu anda dalam mengatasi sakit telinga yang sedang dialami oleh anda.

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Telinga Dengan Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *