Informasi Penyakit A-Z

Penyakit Gagal Ginjal : Tanda Dan Cara Pencegahan

ginjal

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai  kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Darah yang membawa sisa-sisa hasil metabolisme tubuh disaring (filtrasi) di dalam glomerulus lalu hasil saringannya dialirkan ke tubulus-tubulus yang akan melakukan penyerapan kembali (rearbsorpsi), zat-zat sisa metabolisme tubuh yang telah melewati 2 fase tersebut kemudian dikeluarkan (ekskresi) bersama air dalam bentuk air seni atau urine.

Ginjal Memiliki Fungsi Sebagai Berikut :

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Penyakit Gagal Ginjal

gagal-ginjal

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Beberapa penyakit serius yang kerap kali menjadi penyebab kerusakan organ ginjal adalah penyakit sepertt :

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit diabetes mellitus
  • Adanya penyumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, striktur/penyempitan)
  • Kelainan auto immune seperti lupus eritematosus sistemik
  • Penderita penyakit kanker
  • Kelainan ginjal dimana banyak kista yang berkembang pada organ ginjal (polycystic kidney disease)
  • Adanya peradangan atau infeksi yang menyebabkan rusaknya sel penyaring pada ginjal.

Selain beberapa penyakit diatas, penyakit-penyakit berikut ini, apabila tidak ditangani secara cepat dan serius juga dapat menjadi pemicu kerusakan organ ginjal, seperti penyakit yang menyebabkan hilangnya cairan tubuh secara mendadak (muntaber, luka baker, pendarahan), penyakit TBC, malaria, sifilis, hepatitis

Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal :

Ciri-ciri penyakit ginjal harus diketahui oleh masyarakat luas agar banyak masyarakat yang mengetahui jika ada penyakit ginjal dalam dirinya. Mendeteksi dini penyakit ginjal akan lebih mudah mengatasinya dibandingkan mengobati ginjal ketika kronis. Sayangnya banyak orang yang baru tahu jika dirnya terkena ginjal saat memasuki tahapan kronis. Saat sudah kronis, penyakit ginjal akan sulit disembuhkan. Berikut inilah ciri-ciri penyakit ginjal :

1.Gatal Yang Estrim

Gejala dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal yang sering muncul adalah merasakan rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubu. Rasa gatal itu akan berlebihan. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan rasa gatal akibat penyakit ginjal :

  • Fungsi ginjal yang sudah tidak normal akan menyebabkan gangguan ginjal.
  • Fungsi ginjal yang sudah tidak dapat berfungsi lagi mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh.
  • Hal tersebut bisa menyebabkan rasa gatal bergitu ekstrim. Rasa gatal itu juga bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena kena ulat bisa mudah hilang. Sedangkan gatal pada penyakit ginjal akan ada setiap harinya.
  • Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk meski dengan garukan yang ringan. Sehingga pendarahan kulit bisa terjadi.
  • Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, namun pada wanita kebanyakan rasa gatal itu di bagian tangan, pergelangan tangan dan juga kaki.

2.Nyeri Saat Berkemih

Orang yang terkena batu ginjal akan merasakan sakit ketika berkemih atau buang air kecil, hal itu dikarenakan saat saluran kemih digunakan berkemih batu ginjal akan menekan saluran kemih tersebut sehingga rasa nyeri akan muncul atau timbul.

3.Hormon Terganggu

Orang yang menderita sakit ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi sehingga kinerja ginjal tidak maksimal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi hormon. Fungsi ginjal yang menurun bisa membuat gangguan hormon. Gangguan hormon itu bisa mengakibatkan hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

4.Mual

Penderita ginjal bisa merasakan mual, hal itu dikarenakan penumpukan cairan bisa di dalam perut. Saa perut penuh dengan cairan, lambung bisa tertekan sehingga menyebabkan mual.

5.Tubuh Bengkak

Penumpukan cairan sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan bisa menyebabkan penderita sakit ginjal mengalami bengkak. Tubuh penderita ginjal akan seperti menggembung karena penumpukan cairan tersebut. Tubuh yang biasanya bengkak adalah kaki, tangan dan juga perut.

6.Perut Kembung

Penderita ginjal yang memiliki penumpukan cairan di dalam tubuhnya bisa merasakan perut kembung setiap hari hal itu dikarenakan penumpukan cairan di dalam perut bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman.

7.Susah Buang Air Kecil

Orang yang terkena batu ginjal akan measakan kesusahan ketika buang air kecil. Batu ginjal yang sudah berukuran besar akan menghambat saluran kecing sehingga menimbulkan kesulitan atau kesusahan ketika berkemih. Batu ginjal juga bisa menyerang ibu hamil. Ibu hamil yang seharusnya sering kecing saat usia kehamilannya telah besar justru akan merasakan sulit buang air kecil.

8.Sakit Di Sekitar Pinggang

Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri penyakit ginjal yang satu ini. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa. Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang. Pada batu ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.

Adapun Cara Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah sau organ tubuh yang sudah seharusnya kita jaga. Verikut ini beberapa pencegahan penyakit ginjal :

1.Menjaga Tekanan Darah didalam Tubuh

Tekanan darah yang tidak stabil akan berdampak langsung pada fungsi ginjal yang melakukan proses penyaringan darah. Tekanan darah yang semakin meningkat sangat berpotensi menyebabkan seseorang mengalami gejala penyakit hipertensi. Apabila kita tetap tidak bisa mengontrol tekanan darah maka yang akan terjadi yakni kegagalan fungsi ginjal akut. Baik laki-laki maupun perempuan mempunyai persetase resiko yang sama.

2.Menjaga Pola Hidup Sehat

Kesehatan tubuh pada dasarnya dapat tetap terjaga apabila pola hidup yang kita terakan sehari-hari benar. Pola hidup sehat dapat ditempuh dengan cara olah raga teratur, terutama meluangkah waktu untuk melakukan gerakan-gerakan yang baik bagi ginjal. Selain itu, menunjang dengan makanan atau minuman sehat yang kita konsumsi juga penting. Apabila pola hidup sehat telah diterapkan tentunya resiko menderita penyakit ginjal dapat diminimalisir bahkan dihindari.

3.Meminimalisir Penggunaan Garam untuk Dikonsumsi

Ketika seseorang mengkonsumsi garam dalam kadar tertentu maka natrium didalam tubuh akan meningkat. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka seseorang berpotensi menderita batu ginjal. Meningkatnya kadar natrium didalam tubuh secara tidak langsung juga meningkatkan tekanan darah serta memicu terbentuknya batu ginjal. Untuk itu, sebaiknya kita memperhatikan jumlah asupan garam yang kita konsumsi dalam seharinya.

4.Memenuhi Asupan Mineral bagi Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air, oleh karena itu dalam seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa asupan mineral. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari akan menghindarkan tubuh mengalami gejala dehidrasi. Selain itu, air mineral yang masuk kedalam tubuh akan membantu kerja ginjal dalam membuang zat beracun melalui proses detoksifikasi.

Selain itu, air mineral juga dapat membantu menstabilkan volume serta konsentrasi darah didalam tubuh manusia. kinerja sistem pencernaan dalam memproses asupan makanan yang masuk juga dapat terbantu. Bahkan apabila kita memenuhi jumlah minimal asupan air dalam seharinya dapat membuat tubuh mempunyai suhu yang normal.

5.Tidak Membiasakan Menahan Kencing

Kencing atau buang air kecil yang selalu ditahan akan berdampak tidak baik bagi kinerja ginjal. Bahkan proses filterisasi darah yang dilakukan oleh ginjal dapat terhambat. Pada saat proses filterisasi berlangsung maka cairan urin yang berada didalam kandung kemih harus segera dibuang ketika telah melebihi jumlah penampungan cairan limbah. Secara medis, seseorang akan merasakan gejala ingin buang air kecil ketika kandung kemih telah terisi sebanyak 120 hingga 150 ml cairan urin.

6.Hindari Minuman Keras

Minuman keras yakni merupakan sebuah minuman yang mengandung alkohol dengan takaran yang dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran. Kadar elektrolit didalam tubuh akan mengalami ketidakseimbangan serta munculnya masalah hormonal yang berdampak pada kinerja ginjal. Selain itu, minuman beralkohol juga akan merusak organ tubuh secara perlahan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

7.Hindari Merokok Aktif Maupun Pasif

Rokok mengandung zat bernama nikotin yang bisa merusak tubuh apabila terpapar dalam jangka waktu yang lama. Perokok itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni seseorang yang merokok  dengan sengaja atau disebut perokok aktif. Selanjtnya yaknii perokok pasif yakni seseorang yang secara tidak sengaja ikut menghirup asap rokok dari perokok aktif disekitarnya.

Meskipun merokok tidak berbahaya secara langsung dan berdampak seketika pada fungsi ginjal namun apabila terus dilakukan juga akan memicu adanya gangguan pada jantung. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa penyakit jantung dapat memicu timbulnya masalah pada fungsi ginjal.

Itulah sekilas informasi seputar penjelasan, fungsi, penyakit gagal ginjal, tanda dan cara pencegahannya. Maka dari itu sayangi ginjal Anda sebelum penyakit menyerang Anda.Dari itu jaga pola hidup yang sehat untuk mencegah penyakit ginjal datang menghampiri tubuh Kita. Semoga informasi di atas memberikan manfaat dan mejadi lebih tau seputar ginjal yang ada pada tubuh Kita.

Baca Juga Artikel : Khasiat Dan Manfaat Teripang Dalam Mengobati Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *