Informasi Kesehatan

6 Bahan Alami Untuk Membuat Pelembab Alami Kulit

Seperti halnya tubuh kamu yang membutuhkan bahan bakar, baik berbentuk vitamin, mineral, dan beragam nutrisi lainnya. Kulitmu pun membutuhkan pelembab untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam kulit. Selain itu, bila kulit terhidrasi dengan baik, garis-garis halus dan keriput sebagai tanda penuaan pun cenderung tidak akan tampak.

Pelembab bukan hanya dibutuhkan bagi orang yang kulitnya kering, orang dengan kulit normal pun membutuhkan pelembab.

pelembab alami

Bila kulitmu tidak terhidrasi secara teratur, kulit akan mulai terlihat kusam dan menua. Inilah salah satu alasan mengapa tidak ada cara perawatan kulit lengkap tanpa ada penekanan terhadap bagian pelembab.

Di pasaran, kamu bisa menemukan beragam produk pelembab berbagai merek, namun kebanyakan kandungan didalamnya berbahan kimia keras yang bisa membahayakan kulit dalam jangka panjang. Walaupun demikian, ada beragam alternatif yang bisa kamu gunakan sebagai pelembab. Bahan-Bahan alami atau produk herbal bisa jadi solusi untuk membuat kulitmu tetap kenyal dan halus.

Berikut adalah 10 bahan alami untuk membuat pelembab alami:

Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini adalah bahan pelembab alami yang efektif. Dan mungkin minyak ini bisa kamu dapatkan di apotik-apotik terdekat atau toko online.

Zaitun ini mengandung asam linoleat, yang bisa menahan kandungan air di kulit untuk mempertahankan kelembaban dan meningkatkan kehalusan kulit juga menutrisinya. Ditambah, vitamin E di dalamnya mampu menetralkan efek oksidan radikal bebas yang merusak kolagen, inilah salah satu faktor umum dibalik kering dan rusaknya kulit.

Cara penggunaannya:

  • Oleskan sedikit minyak zaitu dengan tangan ke area kulit.
  • Pijat lembut dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu basuh atau mandi.
  • Lakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu, sesuai kebutuhan.

Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga merupakan pelembab alami yang baik untuk kulit.

Asam lemak dalam minyak ini memberikan kelembaban pada kulit kering agar tetap kenyal dan terus terhidrasi. Selain melembabkan, minyak kelapa juga mensuplai nutrisi penting ke kulit untuk tingkatkan kesehatan.

Penggunaan:

  • Hangatkan minyak kelapa selama beberapa menit.
  • Oleskan minyak hangat tersebut ke kulit.
  • Pijat lembut hingga minyak kelapa terasa terserap.
  • Tunggu 10 menit, lalu basuh.
  • Lakukan setiap hari.

Madu

Madu ini mampu mempertahankan kelembaban kulit, juga emolien alami ini dapat menembus lapisan kulit bagian dalam.

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan susu. Oleskan pada kulit, lalu tunggu 10 menit sebelum dibersihkan atau sebelum mandi.
  • Untuk mengatasi kulit kering, bisa oleskan madu ke area kulit yang kering, dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali seminggu atau lebih.

Lidah Buaya

Tumbuhan herbal ini adalah bahan yang tepat untuk menhidrasi kulit. Lidah buaya mengandung vitamin E dan A yang bisa membuat kulit tetap halus. Juga, dapat mengurangi rasa gatal dan mencegah pengelupasan kulit akibat kulit kering.

  • Potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Olesakan gel pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air agak hangat. Ulangi setiap hari 2 atau 3 kali.

Alpukat

Buah yang dijuluki super food ini juga mampu menjadi bahan pelembab alami kulit. Alpukat ini bekerja sebagai emolien, yang berarti melumasi kulit dan mengembalikan kelembaban kulit. Juga kaya akan vitamin yang melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas dan stres oksidatif.

  • Haluskan sedikit alpukat mata.
  • Oleskan secara langsung pada kulit.
  • Tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas.
  • Bila kamu memiliki kulit kering bisa menggunakannya setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

Pisang

Pisang dalam keadaan masa kulit berfungsi sebagai pelembab untuk semua jenis kulit. Vitamin dan antioksidan di dalamnya menawarkan manfaat antipenuaan untuk membantu menjaga kulit tetap tampak muda.

  • Kupas pisang matang lalu buat menjadi pasta.
  • Bisa tambahkan 1 sendok teh madu.
  • Oleskan pasta tersebut pada kulit.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan 2 atau 3 kali seminggu.

Selain beberapa bahan alami di atas untuk membuat pelembab alami kulit, kamu juga bisa gunakan produk herbal. Misalnya saja produk dari teripang emas, yaitu QnC Jelly Gamat.

QnC Jelly Gamat Produk Pelembab Alami Kulit

pelembab alami

Di sini kami juga menyarankan kamu untuk pilih QnC Jelly Gamat sebagai produk herbal alternatif untuk kamu yang ingin menggunakan cara instan.

QnC Jelly Gamat ini adalah produk herbal dari teripang emas dan bahan alami lainnya. Dibentuk oleh PT. Bijaksana Maju Utama yang mengandalkan peralatan yang kemampuannya dapat menjaga keutuhan nutrisi bahan dalam proses produksi.

Juga, menggunakan teripang emas yang masih segar dalam produksinya. Sehingga kualitas nutrisi dalam setiap produk QnC Jelly Gamat terjamin.

Ragam bahan alami selain teripang emas:

  • Pemanis dari daun stevia
  • Air RO (air murni)
  • Pengemulsi nabati
  • Essen natural
  • Ekstrak buah dan sayuran

Kandungan dalam produk ini Aman dan Halal, karena telah dilakukan pemeriksaan nutrisi oleh DEPKES RI dengan hasil lolos uji. Dan telah mengantongi sertifikat halal MUI.

Bentuk produk ini cairan kental yang dikemas dalam botol plastik ukuran 300 ml. Rasa dan aromanya khas dengan warna bening sedikit kekuningan. Dapat dikonsumsi maupun dioles.

Nutrisi Dalam QnC Jelly Gamat

pelembab alamiTerdapat beragam nutrisi dengan khasiat ampuh. Dilansir dari artikel berjudul High-Value Components and Bioactives from Sea Cucumbers for Functional Foods di situs NCBI bahwa teripang ini kaya akan kolagen karena sebagian besar tubuh teripang terdiri dari kolagen.

Kolagen ini sebagai komponen penting dalam jaringat ikat. Juga, dapat menciptakan elastisitas bagi kulit dan memberikan kontribusi untuk pengembangan pertumbuhan sel baru untuk menggantikan yang lama dan sel-sel mati.

Kandungan juga mampu melembabkan kulit, menutrisi kulit, mengurangi rasa sakit, mencegah inflamasi atau peradangan, mempercepat penyembuhan luka luar dan luka dalam, mengaktifkan pertumbuhan sel, menjaga sirkulasi darah dan menstabilkan emosi (bila dikonsumsi), serta membuat kulit lebih sehat dan muda.

Nutrisi lain selain kolagen antara lain:

Kegiatan biologis dan farmakologis: anti-angiogenik, antikanker, antikoagulan, anti hipertensi, antiinflamasi, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, antitumor dan penyembuhan luka.

Sifat terapeutik dan manfaat obat: glikosida triterpen (saponin), kondroitin sulfat, glikosaminoglikan (GAG), polisakarida sulfat, sterol (glikosida dan sulfat), fenolat, serberosida, lektin, peptida, glikoprotein, glikosfingolipid dan asam lemak esensial.

Secara garis besar khasiat kegiatan biologis dan farmakologis mampu mempercepat penyembuhan dan mengatasi mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri atau jamur yang menginfeksi kulit.

Dan sifat terapeutik dan manfaat obat dalam teripang dapat memperbaiki jaringan dan sel, termasuk kulit yang kering.

Nama Produk QnC Jelly Gamat/Jelly Gamat QnC
Legalitas DEPKES P-IRT No 109321601291-1229
Diproduksi oleh PT. Bijaksana Maju Utama

Aturan penggunaan: oleskan pada kulit lalu tunggu hingga kering, sekitar 30 menitan. Lalu bilas. Oleskan juga pada kulit sebelum tidur, ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan.

Kamu juga bisa konsumsi QnC Jelly Gamat ini untuk perawatan dari dalam:

  • Bayi (minimal usia 2 bulan) : 1/2 sendok teh 2x sehari.
  • Anak-anak : 1 sendok makan 2x sehari
  • Dewasa : 2-3 sendok makan 2-3x sehari

Dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Aman sekali untuk dikonsumsi oleh semua umur, misalnya anak-anak, balita, bayi, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui.

LANGSUNG SAJA PESAN SEKARANG JUGA.

Klik saja tautan ini Cara Pesan QnC Jelly Gamat

ATAU

Klik gambar di bawah ini untuk mengetahui detail terkait harga, no rek pembayaran, serta diskonnya.

salep dermatitis untuk ibu hamil dan bayi/anak berbahan alami

Demikianlah cara untuk melembabkan kulit secara alami.

Kami berhadap produk QnC Jelly Gamat ini dapat membantu kamu. Terima kasih.

6 Bahan Alami Untuk Membuat Pelembab Alami Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *