Uncategorized

Manfaat Mengonsumsi Propolis Setiap Hari

Apa itu propolis?

Terdapat beberapa produk yang dihasil oleh lebah, termasuk madu dan royal jelly. Dan satu lagi yang juga memiliki banyak manfaat, adalah propolis. Propolis yang berasal dari resin pohon ini merupakan hasil campuran resin pohon, zat lengket lebah dan antimikroba yang digunakan untuk melindungi sarang lebah.

Karena sifat antimikroba di dalamnya, propolis ini juga dapat mendisinfeksi sarang lebih dan mencegah wabah virus dan bakteri. Propolis ini pula digunakan sebagai perangkap.

Ketahui, bahwa tidak semua lebah madu melapisi sarangnya dengan propolis. Para penelitian di The University of Minnesota menemukan bahwa lebah yang memiliki lapisan propolis disekitar sarangnya memiliki kandungan bakteri yang lebih rendah dalam tubuh mereka dan juga sistem kekebalan yang lebih stabil dibanding dengan koloni lebah tanpa lapisan propolis.

Jadi, meski lebah tidak mengonsumsi propolis ini, zat unik (propolis) tersebut memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan lebah.

Inilah alasan mengapa mesti konsumsi propolis

Tingkatkan sistem imun tubuh—Propolis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Pertama, sifat antimikroba mampu menekan bakteri dan infeksi berbahaya dalam tubuh. Dan pula bisa merangsang sistem mun tubuh untuk meningkatkan ketahanannya.

Rajin mengonsumsi propolis selama musim hujan atau ketika musim flu bisa membuat tubuh tahan terhadap serangan virus flu.

Mengatasi jerawat—Menggunakan propolis secara topikal atau diminum, dapat memperbaiki kondisi kulit dan mengurangi jerawat. Studi menunjukan bahwa propolis memiliki aktivitas pelawan bakteri, terutama yang bertanggung jawab atas jerawat. Penggunaannya dapat mengonsumsinya secara langsung.

Sedang untuk menggunakan secara eksternal atau topikal, oleskan saya madu yang sudah dicampur propolis langsung ke jerawat dan biarkan selama 5-15 menit.

Meningkatkan energi tubuh—Sudah banyak orang yang merasakan khasiat propolis dalam hal meningkatkan energi tubuh, dengan mengonsumsinya setiap hari.

Mengatasi parasit—Penelitian menunjukan bahwa penggunaan propolis bisa atasi parasit. Percobaan menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi propolis mengalami 52 hingga 60 persen tingkat keberhasilan dalam mengatasi parasit giardiasis.

Seriawan—Bisa pula menyembuhkan seriawan secara cepat dengan menggunakan setetes propolis secara langsung ke luka seriawan. Gunakan 2-3 kali sehari.

Endrometriosis—Hingga saat ini penderita endometriosis masih berkembang. Ini adalah gangguan di mana jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, letih, gangguan di usus, infertilitas dan banyak lagi.

Dalam sebuah penelitian, wanita dengan endometriosis yang mengonsumsi propolis mengalami peningkatan kesuburan. Mereka yang memakai propolis memiliki tingkat keberhasilan hamil hingga 60% dibanding dengan 20% yang menggunakan plasebo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: