Informasi Kesehatan

Manfaat Besar Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Dalam beberapa tahun terakhir ini bawang putih hitam telah banyak dikenal masyarakat, juga kalangan juru masak. Sebab, rasanya agak manis dan teksturnya agak empuk, tidak seperti bawang putih segar yang pedas dan berbau tajam. Juga, terdapat manfaat besar bawang putih hitam untuk kesehatan.

Bawang putih yang berubah menjadi hitam ini diperoleh dari proses termal atau pemanasan, atau bisa disebut dengan proses Maillard.

Anda perlu mengetahui, bahwa proses Maillard yang membikin bawang ini hitam sebetulnya sederhana. Bawang putih segar yang masih bulat disimpan di suhu tinggi (biasanya 65-80’C) dengan kelembapan (sekitar 70-80%) selama beberapa minggu.

Apa saja manfaat kesehatan dari bawang putih hitam?

Akibat dari proses Maillard tersebut kandungan allicin bawang putih menjadi berkurang, sebagai gantinya senyawa lain dalam bawang putih meningkat, seperti S-allylcysteine ​​(SAC) yang larut dalam air. SAC ini adalah antioksidan terbaik, mudah untuk diserap tubuh.

Berikut manfaat umum bawang putih hitam untuk kesehatan:

Mengurangi tingakat kolesterol jahat

Gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi tubuh membuat kolesterol meningkat. Untuk bisa menurunkan tingkat kolesterol yang tidak baik untuk tubuh tersebut, Anda bisa memanfaatkan bawang putih hitam.

Bawang putih hitam memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, asalkan dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak para ahli yang menyerankan bawang putih hitam sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Peningkatkan sistem imun ini terjadi melalui stimulasi sel darah putih yang terlibat dalam respon sistem imun tubuh.

Sebuah studi mengatakan bahwa ekstrak bawang putih menunjukan aktivitas imunostimulan yang lebih kuat dari pada bawang putih segar.

Memiliki efek antiinflamasi

Berbagai masalah kesehatan akibat peradang bisa diredakan dengan antiinflamasi. Dan itu bisa didapatkan dalam bawang putih hitam. Bawang putih hitam ini berkontribusi pada pencegahan dan perbaikan penyakit inflamasi.

Mampu melawan infeksi bakteri

Studi yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa bawang putih hitam menunjukan aktivitas antibakteri, khususnya untuk menanggapi patogen, seperti E. coli dan MRSA.

Mengandung antioksidan tinggi

Bawang putih hitam memiliki berbagai mekanisme antioksidan yang dapat menghambat kerusakan dalam proses penuaan dan berkembang menjadi penyakit.

Tingkatkan kesehatan jantung

Mensuplai bawang putih hitam ke dalam tubuh bisa memengaruhi atau lebih tepatnya meningkatkan kesehatan jantung, termasuk penurunan kolesterol dan tekanan darah.

Memiliki banyak vitamin

Kandungan vitamin yang larut dalam air meningkat pada bawang putih hitam, sekitar 1,15 hingga 1,92 kali dibanding dengan bawang putih segar.

Vitamin yang larut dalam air disimpan dalam tubuh dengan jumlah sedikit, dan biasanya akan hilang bersama aliran makanan. Vitamin larut air ini salah satu pembentuk metabolisme tubuh.

Demikian bagaimana manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan tubuh. Untuk penerapan konsumsinya bisa dilakukan dengan berbagai cara, konsumsi langsung, sebagai bahan masakan, toping, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: