Informasi Kesehatan

Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing

Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing

Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing.- Selamat datang di website Asam Urat Alami, situs terpercaya yang slalu memberikan informasi seputar dunia kesehatan sekaligus sebagai distributor resmi penjualan produk obat – obatan herbal berkualitas bertandar Nasional dan Internasional.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi, tentang Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing. Berikut informasinya.

Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing

Efek Buruk Akibat Sering Menahan KencingMenahan kencing atau buang air kecil bisa terjadi karena berbagai alasan. Entah itu karena sedang sibuk sehingga malas ke toilet, malas karena toilet kotor, atau terpaksa menahan pipis karena terjebak macet. Namun, jangan sampai terlalu sering menahan buang air kecil atau menjadi kebiasaan.

Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Johanus W Soelistyo mengatakan, jika sudah terasa ingin pipis, segeralah buang air kecil. Pada dasarnya, di dalam kandung kemih terdapat otot-otot untuk menahan air. Ketika air sudah penuh, munculah rasa ingin buang air kecil. Bagaimana jika pengeluaran air kencing ditahan?

Menurut Johanus atau yang akrab disapa Yongki ini, menahan pipis justru bisa mengeraskan otot-otot tersebut.

“Tahan pipis, otot jadi keras. Malah susah kencing nanti. Atau gangguan kencing, jadi enggak lancar, ada sisa (air kencing), jadi mudah infeksi,” terang Yongki saat ditemui di RS Silam Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Apa Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing?

“Perlu diketahui bahwa kapasitas tampungan urin hanya mampu mencapai maksimal 600 mililiter saja,” kata Benjamin Brucker, ahli urologi dari Amerika.

“Anda perlu tahu bahwa resiko terburuk dari kebiasaan menahan pipis adalah infeksi yang akan terjadi pada saluran kemih Anda. Maka dari itu, jangan pernah menahan pipis apabila Anda benar-benar punya waktu untuk ke toilet,” ujar Brucker.

Berikut ini ada beberapa akibat jika Anda terlalu sering menahan kencing

1. Infeksi saluran kencing (urinary tract infection)

Infeksi saluran kecing adalah efek samping yang umum dari menahan kencing terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh koleksi bakteri di sekitar pembukaan uretra Anda (tabung yang membawa urin dari dalam kandung kemih ke luar) cenderung masuk ke dalamnya ketika Anda tidak buang air kecil cukup sering. Menurut Dr. Anthony Komaroff dari Harvard Medical School, ISK merupakan hal yang umum akibat menahan kencing terlalu lama, karena buang air kecil membantu Anda untuk membuang bakteri, jika Anda menahannya, maka bakteri berkesempatan untuk berkembang biak.

2. Batu ginjal

Orang-orang yang rentan terhadap pengembangan batu ginjal dan yang menahan kencing mereka untuk alasan apapun, harus membayarnya dengan konsekuensi batu ginjal dan bahkan lebih buruk. Batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium, dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Ketika Anda ingin mengeluarkannya melalui saluran kemih, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

3. Ginjal Bengkak

Berdasarkan penuturan dari dr Chaidir A Mochtar  spesialis Urologi mengatakan bahwa  jika kebiasaan menahan kencing dibiarkan terus-menerus, bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal kita. Hal tersebut berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada ginjal, mengakibatkan produksi ginjal menjadi menurun dan akkhirnya bengkak.

4. Retensi urin

Retensi urin adalah ketidakmampuan seseorang untuk benar-benar mengosongkan kandung kemih. Baik akut atau kronis, ini adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, disertai dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Retensi urin kronis berlangsung untuk waktu yang lama, dan dapat memicu masalah lain seperti inkontinensia -ketidakmampuan menahan kencing, serta infeksi saluran kemih.

Itulah Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing. Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan sering menahan kencing, sebaiknya mulai dari sekarang hentikanlah kebisaan buruk tersebut agar Anda terhindar dari penyakit akibat Infeksi saluran kencing, batu ginjal, ginjal bengkak, retensi urin.

Demikianlah informasi tentang efek buruk akibat sering menahan kencing. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Amandel Pada Anak Tanpa Operasi

Kunjungi terus http://www.obatasamuratalami.net/ dapatkan informasi menarik seputar dunia kesehatan setiap harinya.

Efek Buruk Akibat Sering Menahan Kencing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!