Informasi Kesehatan / Informasi Penyakit A-Z

Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah TinggiDaftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi.- Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Darah tinggi atau hipertensi sering menimbulkan gejala pusing, leher kaku, pundak tegang, mual, dan terkadang hipertensi tidak bergejala sama sekali.

Ketika seorang penderita hipertensi mengalami gejala – gejala darah tinggi seperti : pusing leher kaku dll, biasanya di picu oleh beberapa makanan. Berikut dibawah ini adalah makan yang bisa memicu darah tinggi

Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

Daging Berlemak

Daging berlemak segar seperti daging sapi dan daging domba sangat dilarang untuk penderita darah tinggi. Daging merah yang mengandung lemak juga bisa mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.

Makanan Kalengan

Makanan kalengan mengandung garam dalam jumlah tinggi. Garam yang mengandung natrium ini digunakan pada makanan kalengan sebagai pengawet sehingga daya simpan makanan menjadi lebih lama. Namun sayangnya, terlalu banyak asupan garam dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat.

Fast food

Makanan fast food, seperti pizza, ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dan lainnya, sangat tinggi akan garam atau natrium. Garam inilah yang membuat rasa makanan fast food tersebut menjadi enak. Belum lagi kandungan lemak yang juga tinggi dalam makanan fast food membuat makanan ini sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

Kulit ayam

Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat Anda. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan tekanan darah Anda, membuat hipertensi menjadi makin buruk, bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Kopi

Kopi mengandung kafein. Kafein dapat merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon adrenalin dan kortisol lebih banyak sehingga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Tidak hanya kopi, minuman berkafein lain, seperti teh, minuman soda, dan minuman berenergi, juga dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah Anda.

Tips Mengatasi Darah Tinggi

Menjaga dan membatasi asupan makanan pemicu tekanan darah tinggi merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Namun ini bukanlah satu-satunya hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Terapkan pola makan sehat atau makanan hipertensi, maupun mencegah kondisi hipertensi.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah darah tinggi.

  • konsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur, pastikan komposisi sayur dan buah terpenuhi, juga batasi
  • konsumsi garam dan makanan berlemak
  • berhenti merokok
  • batasi/berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol
  • olahraga secara teratur
  • istirahat yang cukup
  • hindari dan kelola stres dengan manajemen stres yang baik
  • turunkan berat badan, bila memungkinkan hingga rentang ideal

Itulah Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi atau Hipertensi, yang dapat kami informasikan. Semoga artikel yang kami sajikan kali ini bermanfat dan bisa membantu Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Leukosit Tinggi Paling Ampuh

Daftar Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi atau Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: