Uncategorized

Cara Menghilangkan Kurap Pada Anak

Penyakit kurap merupakan hasil infeksi jamur yang terjadi di permukaan kulit dengan tanda ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Walau kurap ini sering terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga rentan terhadap infeksi jamur yang sebabkan kurap ini.

Sebab kurap ini termasuk sangat menular, selalu perhatikan kegiatan anak dan bahkan untuk sementara jauhkan dari sekolah atau tempat bermain.

Infeksi jamur kurap biasanya muncul di kulit kepala, kaki, tangan, kuku, ini terjadi lantaran bagian tersebut lebih berkeringat.

Dan untuk gejalanya adalah gatal, kulit bersisik, dan bahkan bisa sebabkan luka bernanah. Gejala kurap ini mulai muncul saat 4 hingga 10 hari setelah infeksi jamur ini terjadi.

Anak-anak penderita kurap bisa terinfeksi dengan berbagai cara. Mungki n saja akibat kolam renang umum, tertular dari hewan peliharan, bermain di tanah yang terkontaminasi, dan sebagainya.

cara menghilangkan kurap pada anak

Meskipun kurap ini tidaklah berbahaya, tetapi bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk cegah kurap menyebar, kebersihan adalah hal paling penting. Pastikan kulit si anak tetap bersih dan kering, keramaslah secara teratur dan hindari dari menyentuh berbagai barang pribadi orang lain.

Krim antijamur, lotion, dsb yang dijual bebas bisa saja mengatasi kondisi infeksi jamur. Namun, tidak hanya itu kita juga dapat gunakan beberapa bahan alami yang mampu mengatasi gatal dan peradangan di kulit.

Dari inilah tulisan ini akan membahas mengenai berbagai pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah.

Cuka sari apel

Dalam kandungannya cuka ini memiliki komponen antijamur yang bisa membantu menghilangkan infeksi kulit seperti kurap. Dan juga, sifat asamnya dapat membantu membunuh jamur dan menghentikan infeksi menyebar dengan cepat.

Apalagi kandungannya bisa mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Untuk penggunaan topikal: Oleskan saja sedikti cuka sari apel pada area kulit yang kurap menggunakan kapas. Setelah 30 menit, bilas area kulit dengan air dan keringkan secara menyeluruh. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

Untuk konsumsi: Campur 1 atau 2 sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat. Minum ini dua kali sehari untuk membantu melawan infeksi dari dalam.

Minyak pohon teh

Kita pula bisa gunakan minyak pohon teh untuk menghilangkan kurap pada anak.

Minyak esensial ini memiliki aktivitas antijamur yang dapat melawan jamur yang menyebabkan kurap. Ini juga bisa mengurangi rasa gatal dan peradangan ketika dioleskan pada area kulit yang terinfeksi.

Sebuah studi 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology melaporkan bahwa sebagian besar komponen minyak pohon teh memiliki aktivitas melawan berbagai jamur.

Untuk penggunaannya:

Teteskan beberapa tetes minyak pohon teh di atas bola kapas dan oleskan pada area yang terkena. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari selama 1 minggu atau lebih.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran minyak ini pada kulit yang terkena. Gunakan ini sekali sehari.

Jangan sampai minyak pohon teh ini tertelan atau dimakan. Baik itu oleh orang dewasa atau anak.

Minyak Kelapa

Minyak ini pula bisa menjadi obat yang baik untuk kurap. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat membunuh sel-sel jamur dengan merusak membran sel jamur.

Sifat pelembabnya dapat membantu mengurangi rasa gatal di area yang terkena infeksi. Dan juga membantu penyembuhan kulit akibat kurap.

Dalam sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, para peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa mestinya digunakan dalam pengobatan infeksi jamur mengingat munculnya spesies candida yang resistan terhadap obat.

Untuk penggunaan topikal: Oleskan minyak kelapa langsung pada area yang terinfeksi. Pijatlah selama beberapa menit dan biarkan semalaman, lalu bersihkan esok paginya. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.

Untuk konsumsi: Sertakan minyak kelapa dalam makanan anak. Mulailah dengan 1 sendok teh dan secara bertahap tingkatkan dosis hingga 1 sendok makan setiap hari.

Bawang putih

Bawang putih bekerja sebagai agen antijamur alami dan dapat membantu mengobati berbagai jenis infeksi jamur, termasuk kurap pada anak-anak. Sifat antijamurnya membantu menghentikan pertumbuhan jamur dan meringankan rasa gatal akibat kurap.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences menunjukkan bahwa allicin murni lebih efisien dalam menghambat pertumbuhan sel-sel hifa dibandingkan dengan ekstrak bawang putih, keduanya dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengobati kurap.

Untuk penggunaan topikal:

  • Buat salep dengan mencampur 2 atau 3 siung bawang putih yang dihancurkan dengan sedikit minyak zaitun atau kelapa. Oles tipis pada kulit yang terkena dan tutup dengan kain kasa atau perban. Diamkan selama 2 jam sebelum membilasnya. Ulangi dua kali sehari sampai gejalanya hilang.
  • Sebagai alternatif, oleskan minyak bawang putih pada area yang terkena. Tunggu 20 menit, lalu bersihkan. Ulangi satu kali setiap hari selama beberapa minggu.

Untuk konsumsi:

Cobalah untuk memasukkan bawang putih dalam makanan sehari-hari anak.

Lidah buaya

Gel yang merupakan bagian dalam lidah bauaya ini bisa menjadi obat alami untuk segala jenis infeksi jamur, termasuk kurap. Ini bisa membantu melawan penyebab kurap. Dapat mengatasi pula peradnagan dan rasa tidaknyaman, serta gatal kurap.

Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung enam agen antiseptik: lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur. Mereka semua memiliki aksi penghambatan pada jamur, bakteri dan virus.

Untuk penggunaan:

  1. Potong daun lidah buaya.
  2. Ambil gelnya saja dan langsung tempelka pada area yang terinfeksi.
  3. Tunggu 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
  4. Ulangi dua kali sehari.

Kunyit

Bisa juga menggunakan kunyit untuk mengobati kurap pada anak-anak. Akar kuning ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur yang kuat dalam membantu meringankan gejala serta membunuh jamur yang menyebabkan kurap. Kunyit juga baik untuk sistem kekebalan tubuh anak.

Untuk penggunaan topikal:

  • Ambil air dari hasil parutan kunyit. Oleskan air tersebut pada area yang terkena kurap 2 atau 3 kali sehari sampai infeksi hilang. Diamkan air kunyit ini di kulit selama 30 menit sebelum membilasnya.
  • Sebagai alternatif, campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan cukup minyak zaitun untuk membentuk salep. Oleskan pada area yang terkena. Tutupi dengan perban atau kain kasa. Setelah 1 hingga 2 jam, bilas kulit. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai infeksi hilang.

Untuk konsumsi:

  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke segelas susu hangat. Berikan kepada anak untuk diminum dua kali sehari.

Itulah beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kurap pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: