Uncategorized

6 Bahan Alami Pengencer Darah Untuk Cegah Penggumpalan Darah

Ada berbagai alasan mengapa dokter meresepkan obat pengencer darah. Bisa jadi Anda memiliki penyakit jantung atau kardiovaskular, irama jantung tidak normal sebut saja fibrilasi atrium atau kelainan jantung kongenital. Atau mungkin Anda telah melakukan penggantian katup jantung atau mungkin Anda memiliki risiko mengalami pembekuan darah setelah menjalani operasi.

Pengencer darah ini adalah bahan alami untuk mencegah pembekuan darah dan membantu melancarkan aliran darah di pembuluh darah dan arteri.

Sesuai judulnya, bahan-bahan alami yang akan dibahas ini tidaklah benar-benar akan membuat darah mengencer atau menghancurkan gumpalan darah. Bahan alam ini dapat membantu menjaga gumpalan darah agar tidak menebal dan mencegah pembentukan gumpalan darah baru. Sehingga hal ini bisa mengurangi risiko penggumpalan darah berbahaya.

Sementara pengencer darah sangat membantu dalam banyak kondisi dalam tubuh. Pendarahan yang berlebihan adalah reaksi paling umum dan dapat terjadi dalam beberapa kondisi, termasuk menstruasi yang berat, urin berdarah atau berubahnya warna feses, mimisan, gusi berdarah, dan perdarahan berkepanjangan akibat luka.

Untuk menempatkan kondisi tubuh sehat dan mengurangi risiko pembekuan darah, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami atau herbal yang merupakan antikoagulan alami dan bisa membantu mencegah pembekuan darah.

Perhatian: Bahan-bahan dengan antikoagulan alami ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat antikoagulan yang sudah diresepkan.

Selain itu, beberapa bahan alami pengencer darah dapat berinteraksi obat-obatan resep. Jadi, konstulasi dahulu dengan dokter sebelum memanfaatkan bahan alami antikoagulan ini.

Berikut adalah beberapa bahan alami pengencer darah terbaik untuk mencegah pembekuan darah.

Jahe

Jahe adalah herbal yang mampu secara efektif membantu mengurangi pembekuan darah. Pula dapat mencegah penggumpalan baru dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Prostaglandins, Leukotrienes & Essential Fatty Acids menunjukkan bahwa jahe dapat digunakan sebagai agen penurun kolesterol, antitrombotik dan anti-inflamasi.

Jahe kering dan ekstrak jahe mentah dapat mengurangi pembentukan bekuan darah.

  • Tambahkan jahe ke salah satu jus, kaldu, atau masakan yang dimasak untuk menikmati manfaat kesehatannya yang luar biasa.
  • Anda juga bisa minum 2 atau 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk dijadikan teh, rebus beberapa potong jahe segar dalam 1 gelas air, lalu biarkan mendidih selama 5 menit. Saring tehnya. Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon dan madu secukupnya.

Kunyit

Kunyit lebih dikenal sebagai ramuan anti-inflamasi alaminya, tapi dapat pula berfungsi sebagai pengencer darah alami. Ini lantaran adanya kandungan kurkumin dalam kunyit.

Kurkumin ini dapat membantu mencegah trombosit menggumpal dan membentuk gumpalan.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Laporan BMB menunjukkan bahwa kurkumin dan turunannya (bisdemethoxycurcumin, BDMC) memiliki aktivitas antitrombotik dan konsumsi kunyit setiap hari dapat membantu mempertahankan status antikoagulan.

  • Tambahkan bubuk kunyit ke dalam makanan atau minuman. Dapat pula, meminum segelas susu kunyit setiap hari sebelum tidur.
  • Jika ingin dalam bentuk suplemen, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk dosis yang tepat.

Perhatian: Jika mengonsumsi warfarin (Coumadin), jangan pernah konsumsi kunyit.

Bawang putih

Bawang putih baik untuk kesehatan jantung dan bahkan lebih bermanfaat untuk yang berisiko tinggi mengalami pembekuan darah.

Senyawa yang mengandung sulfur seperti adenosine, allicin dan paraffinic polysulfides dalam bawang putih bertindak sebagai pengencer darah.

Bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko pembentukan plak dan serangan jantung.

Sebuah studi tahun 1991 yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine menemukan bahwa bawang putih dapat menjadi agen yang berguna dalam pencegahan fenomena thromboembolic.

  • Makan 2 atau 3 siung bawang putih mentah saat perut kosong setiap hari.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bawang putih, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Kayu Manis

Kayu manis adalah antikoagulan alami yang efektif. Bahan alami ini mengandung coumarin, zat kimia yang bertindak sebagai antikoagulan yang kuat.

Bahkan mampu menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kondisi peradangan. Kayu manis juga mengurangi kemungkinan terkena stroke.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Plants Research menunjukkan bahwa waktu pembekuan darah menurun secara signifikan di hadapan kayu manis distilat dan minyak esensial dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Anda dapat menambahkan bubuk kayu manis untuk meningkatkan rasa dan aroma berbagai hidangan dan minuman.

Perhatian: Penggunaan jangka panjang dan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena itu, pastikan menggunakan bahan ini dengan hemat.

Cabe rawit

Cabai rawit memiliki efek pengencer darah yang kuat pada tubuh Anda dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Bahan alami ini mengandung zat kimia yang disebut capsaicin yang dapat membantu membersihkan deposit lipid yang sebabkan penyempitan arteri, dan mungkin membantu melebarkan arteri dan pembuluh darah. Selain itu, juga membantu menurunkan konsentrasi fibrin, protein tak larut yang memainkan peran kunci dalam pembentukan gumpalan.

Ditambah, cabe rawit ini membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

  • Tambahkan cabe rawit segar pada setiap masakan, yang kiranya pas.
  • Juga, dapat menaburkan cabai rawit bubuk tanah di setiap hidangan makanan.
  • Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi suplemen cayenne, tetapi konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Vitamin E

Vitamin E memiliki berbagai manfaat medis, termasuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah.

Vitamin  jenis ini dapat menurunkan agregasi trombosit dengan meningkatkan kepekaan terhadap prostaglandin E1, dan asam lemak penghambat trombosit.

  • Vitamin E kapsul adalah pilihan yang baik untuk memastikan Anda mendapatkan dosis harian vitamin E. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen.
  • Bisa juga mengonsumsi makanan kaya vitamin E seperti telur, daging, sereal dan berbagai buah dan sayuran segar.

Beberapa makanan lainnya dengan sifat pengencer darah

  • Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA telah terbukti memiliki efek pengencer darah.
  • Minum sedikit anggur merah setiap hari dapat memiliki efek perlindungan terhadap aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.
  • Flavonoid dalam coklat yang ditemukan dalam dark chocolate dapat membantu mengencerkan darah.
  • Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang dapat membantu mengurangi kelengketan trombosit darah yang berlebihan.
  • Makanan kaya vitamin K, seperti sayuran berdaun hijau seperti brokoli, selada dan bayam, juga membantu cegah penggumpalan darah.
  • Kacang pohon seperti walnut, almond, hazelnut, kacang mete, pistachio dan kacang Brasil juga efektif.
  • Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu mengendurkan arteri dan meningkatkan sirkulasi.
  • Minum banyak air setiap hari untuk menghidrasi sel dan mendorong pasokan mineral yang teratur mengalir melalui tubuh.

Beberapa kiat tambahan

  • Latihan adalah cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah yang baik dan mencegah pembekuan darah.
  • Hidroterapi adalah cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ini juga membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa meningkatkan aliran darah.
  • Kurangi asupan kafein dan alkohol.
  • Jika Anda merokok, penting untuk berhenti merokok.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak jenuh.
  • Batasi konsumsi garam.
  • Stres juga dapat memengaruhi sirkulasi, jadi ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: