Uncategorized

16 Penyebab Puting Payudara Nyeri, Sensitif atau Terasa Lembut/Lunak

Rasa tidaknyaman pada puting payudara dari waktu ke waktu merupakan kondisi yang kebanyakan wanita mesti menahannya. Nyeri di puting payudara bisa disebabkan oleh alergi terhadap kain baju yang dikenakan, atau bisa juga disebabkan infeksi. Perubahan selama siklus menstruasi juga bisa menyebabkan puting menjadi sensitif, terasa lembut, atau bahkan nyeri. Sering sekali wanita hamil atau wanita yang sedang menyusui mengeluhkan rasa tidaknyaman, nyeri, dsb seperti yang telah disebutkan.

penyebab puting payudara nyeri

Puting yang terasa sakit juga bisa disertai dengan gejala lain yang bisa menambah ketidaknyamanan para wanita. Infeksi pada kelenjar di sekitar puting bisa menyebabkan keluarnya cairan, atau area kulit di sekitar puting menjadi kering dan pecah-pecah. Dalam beberapa kasus, penderita juga bisa mengeluhkan puting gatal atau mungkin puting memerah dan bengkak.

Sebagian besar keluhan puting sakit bukan merupakan pertanda sesuatu serius, dan lebih cenderung merupakan iritasi. Beberapa pengobatan yang bisa dilakukan di rumah dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan di puting seperti, kompres dingin atau hangat, penggunaan lidah buaya, cuka sari apel, minyak kelapa, atau minyak pohon teh.

Dalam tulisan ini, pembaca akan mengetahui banyak penyebab-penyebab mengapa puting payudara terasa sakit dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Gejala dari puting sakit

Masalah pada puting tersebut bisa terjadi pada pria. Namun lebih umum terjadi pada wanita. Puting yang secara terus menerus bergesekan secara langsung dengan pakaian bisa menyebabkan reaksi alergi dan menjadi penyebab mengapa puting pada pria atau wanita menjadi terasa sakit. Mungkin bisa juga puting menjadi kemerahan dan tanda-tanda lainnya terkait iritasi di sekitar puting.

Menurut dokter dari WebMD, rasa pegal, pendarahan, dan gatal bisa menyertai masalah yang terjadi di puting. Kadang perubahan hormon yang terjadi menyebabkan puting terasa lebih lunak atau lembut dan lebih sensitif dan areola menjadi lebih besar. Penderita mungkin juga mengeluhkan kesemutan di puting atau di area sekitarnya

16 Penyebab mengapa puting payudara sensitif, sakit, atau terasa lembut

Mari kita bahas berbagai penyebab paling umum mengapa puting payudara nyeri.

Gesekan

Maksud gesekan di sini adalah gesekan dengan kain atau baju. Ini adalah penyebab paling umum puting wanita atau pria terasa sensitif dan nyeri. Kondisi ini disebut juga dengan “puting jogger”

Jurnal Sports Medicine melaporkan bahwa puting nyeri yang disebabkan oleh aktivitas berolahraga merupakan hal yang biasa di antara para atlet. Ini bisa terjadi bila seseorang memakai bra khusus olahraga yang tidak pas, atau kain sintetis yang kemudian bergesekan dengan puting.

Dokter dari WebMD mengatakan bahwa gesekan yang terus-menerus terhadap puting juga dapat menyebabkan gejala iritasi, puting kering, dan bahkan pendarahan.

Anda bisa menghindari kondisi ini jika mengenakan pakaian yang sesuai yang terbuat dari bahan alami. Bila puting sedang merasa sakit, bisa gunakan pelindung puting atau ngoleskan krim untuk mencegah infeksi puting.

Siklus menstruasi

Fluktuasi hormonal selama siklus menstruasi bisa memengaruhi payudara dan sering menjadi penyebab puting nyeri tepat sebelum haid.

Menurut OB / GYN Dr. Traci Johnson, gejala nyeri di puting atau payudara biasanya lebih terlihat tepat sebelum haid. Seseorang mungkin mengeluhkan bahwa payudara dan putingnya lebih sensitif atau lunak dari biasanya. Keluhan tersebut seharusnya hanya berlangsung beberapa hari ketika dalam menstruasi.

Jika payudara dipengaruhi oleh gejala PMS, Anda dapat mencoba beberapa dari 12 cara alami yang membantu untuk meredakan PMS. Mensuplai magnesium dan vitamin B6 dapat membantu mengurangi keparahan gejala PMS.

Alergi

Puting bisa sangat sensitif dan muncul reaksi alergi terhadap zat-zat pemicu alergi (alergen). Seseorang bisa menggeluhkan puting gatal dan terasa lunak setelah mengganti sabun, deterjen, atau pelembab, dan ini adalah tanda drai alergi. Hindari hal-hal yang bisa memicu alergi.

Kehamilan

Meningkatnya sensitivitas dan nyeri di payudara dapat terjadi jika Anda hamil, dan puting terasa lunak dapat meningkat selama kehamilan Anda.

Dokter dari American Pregnancy Association melaporkan bahwa perubahan hormon menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif, dan ini sering dirasakan terutama di puting. Perubahan payudara lainnya selama kehamilan termasuk menggelapnya area di sekitar puting, dan puting mungkin lebih menonjol dan menjadi lebih besar

Beberapa tanda lain dari kehamilan awal adalah kram oayudara, waktu haid tidak biasa, mual dan muntah, peningkatan kelenjar Montgomery, dan terjadi peningkatan debit serviks.

Menyusui

Menyusui dapat menyebabkan jaringan payudara menjadi sensitif dan perih serta menyebabkan puting terus-menerus merasa nyeri.

The International Journal of Environmental Research dan Public Health melaporkan bahwa banyak ibu menyusui mengeluhkan puting sakit dan terasa lunak. Ini adalah penyebab mengapa hampir 40% wanita tidak melanjutkan aktivitas menyusuinya. Beberapa penyebab untuk puting nyeri adalah ketika salah posisi dalam menyusui bayi, mengalami infeksi, dan terjadi peradangan.

Untuk membantu menghindari puting nyeri saat menyusui, Journal de Pediatria melaporkan bahwa teknik menyusui yang tepat sangat penting. Puting harus tetap kering dan Anda harus menggunakan bantalan menyusui.

Infeksi puting yang menyebabkan rasa sakit saat menyusui juga sering terjadi. Infeksi bakteri atau kandidiasis dapat menyebabkan masalah puting lebih beragam. Ini bisa menyebabkan payudara dan puting gatal, kemerahan, dan rasa panas di payudara.

Mastitis

Ini bisa terjadi dan sebabkan payudara dan puting menjadi memerah, terasa lunak, dan nyeri karena infeksi di jaringan payudara.

Klinik Professor of Obstetrics and Gynecology, Dr. Suzanne Trupin mengatakan bahwa mastitis sering memeranguhi ibu menyusui. Namun, peradangan payudara bisa terjadi pada wanita lainnya dan wanita pasca-menopause. Tanda-tanda dari mastitis sendiri adalah kemerahan di sekitar puting yang menyebar ke payudara, demam dan menggigil, dan payudara terasa hangat.

Peradangan di puting

Peradangan di puting mungkin saja terjadi akibat infeksi, yang menyebabkan puting tertekan dan nyeri.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Diagnostic and Interventional Imaging, peradangan payudara dapat disebabkan oleh mastitis, abses, atau infeksi lainnya. Tergantung pada penyebab peradangan, mungkin ada cairan puting, nyeri dan bengkak, dan lesi pada areola.

Vasospasme

Vasospasme puting dapat menjadi penyebab puting nyeri yang berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam.

Menurut dokter dari Klinik Praktik Keluarga Herzl, stres emosional, paparan suhu dingin, atau menyusui dapat menyebabkan vasospasme puting. Rasa sakit pada puting disebabkan karena pembuluh darah di payudara berkontraksi. Ini menghasilkan rasa sakit yang berdenyut.

Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud ini jadi penyebab untuk nyeri di puting yang terjadi pada wanita yang menyusui.

Dokter dari Mayo Clinic mengatakan bahwa sindrom Raynaud dalam kondisi autoimun mengakibatkan pembuluh darah menyempit di daerah-daerah tertentu di tubuh. Ini dapat menyebabkan mati rasa pada jari tangan atau kaki, hidung, bibir, dan bahkan puting. Bagian tubuh yang terkena, misalnya, puting, biasanya menjadi sakit saat menghangat dan darah mengalir ke puting.

Jurnal JAMA Dermatology melaporkan bahwa sindrom Raynaud pada puting kadang merupakan komplikasi dari menyusui, mastitis, atau infeksi Candida.

Infeksi candida

Infeksi jamur ini bisa sebabkan puting sensitif dan terasa nyeri saat menyusui.

Infeksi ini bisa sebabkan pula puting kering dan retak. Dokter dari National Health Service mengatakan bahwa jamur candida dapat memengaruhi kedua puting dan juga mulut bayi.

Abses di payudara

Nyeri hanya pada satu puting yang sakit saat disentuh bisa disebabkan oleh abses.

Menurut jurnal Radio Graphics, abses payudara yang menyebabkan nyeri biasanya berhubungan dengan memerah dan panas di sekitar area puting. Kondisi ini jarang sekali sebabkan demam.

Setiap benjolan di payudara (akibat abses ini) bisa menjadi sesuatu yang lebih serius, penderita mesti menemui dokter untuk memeriksa kondisi payudaranya.

Eksim

Ini alergi kulit bisa membuat puting penderita sakit dan terasa lunak, juga kering dan retak. Ini merupakan tanda dari eksim atau dermatitis puting.

Eksim puting ini bisa sebabkan ruam merah, gatal, dan lecet. Untuk menghindari kondisi eksim ini penderita mesti mengidentifikan sumber atau penyebab dari iritasi (penyebab eksim). Juga hindari pula sabun dengan kandungan keras terhadap kulit..

Tindik puting

Tindakan ini akan menyebabkan puting sakit selama seminggu atau lebih setelah penindikan. Namun luka bakteri sekunder di luka tindik bisa menyebabkan puting bengkak yang akan menyakitkan dan mengeluarkan nanah.

Juga dapat menyebabkan komplikasi lain. The Journal of American College of Surgeons melaporkan bahwa tindikan di puting dapat menyebabkan abses payudara. Ini sulit diobati dan menyebabkan rasa sakit yang sangat. Kadang, abses payudara dapat muncul hingga tujuh tahun setelah penindikan.

Paget pada puting payudara

Penyakit paget ini adalah jenis kanker langka yang dapat memengaruhi puting dan menyebabkan nyeri di puting saat penyakit berkembang.

Ahli kebidanan dan ginekolog Dr. Nivin Todd mengatakan bahwa tanda-tanda awal penyakit paget adalah gatal ringan di sekitar puting. Kemudian, gatalnya bisa menjadi lebih parah dan putingnya terasa sakit untuk disentuh. Mungkin ada tanda-tanda lainnya adalah puting mengeluarkan cairan berdarah .

Kanker payudara

Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri puting dan keluarnya cairan bisa menjadi tanda kanker payudara.

Menurut International Journal of Preventive Medicine, tidak semua benjolan kanker payudara menyebabkan rasa sakit. Namun, si penderita mesti memiliki benjolan di payudara dan periksa apakah terasa sakit atau tidak. Dokter mengatakan bahwa jika penderita melihat perubahan pada puting Anda seperti lesung pipi, ruam di atas puting, atau perubahan bentuk puting, penderita harus mengunjungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: